Selasa, 28 Agustus 2012

Kiat-Kiat Mendulang Pahala Di Bulan Romadhon



Judul: Kiat-Kiat Mendulang Pahala Di Bulan Romadhon
Pemateri: Ustad Abu Sumayyah Beni Sarbeni


Yang akan dibahas:
  1. Keutamaan Bulan Romadhon / Keutamaan Puasa
  2. Pensiapan menjelang Bulan Romadhon
  3. Hukum puasa

1.  KEUTAMAAN BULAN ROMADHON
  • Bulan Romadhon adalah bulan Al-Qur'an. yaitu bulan dimana Al-Qur'an diturunkan. Bulan Romadhon lebih istimewa dari bulan yang lain.
  • Bulan Romadhon adalah bulan yang penuh berkah. berkah artinya tambah baik. diharapkan umat muslim akan menjadi lebih baik di bulan ini. ulama-ulama sering memberikan ucapan seperti, "semoga kamu diberikan keberkahan di Bulan Romadhon." dan kata-kata lainnya yang isinya harapan agar menjadi lebih baik.
  • Bulan Romadhon adalah bulan perubahan. maksudnya.... perubahan menjadi orang yang lebih bertaqwa.
  • Romadhon adalah bulan yang Maghfirah (bulan yang penuh ampunan)

2.  KEUTAMAAN PUASA
  • Puasa adalah ibadah yang paling baik. “Setiap amalan manusia itu untuk dia kecuali puasa. Maka puasa adalah untukku.” – Allah berfirman dalam Hadits Qudsi. Maksudnya.... ibadah-ibadah lainnya pahalanya adalah miliknya sendiri. Pahala yang didapatkannya sudah diketahui. Sedangkan puasa pahalanya hanya milik Allah. Hanya Allah yang tau. Allah marahasiakannya karena puasa adalah ibadah yang paling baik.
  • Puasa itu adalah benteng. Maksudnya.... puasa bisa dijadikan benteng untuk kita agar terhindar dari perbuatan maksiat. Kalau sedang berpuasa, terus ada orang yang mengundang amarah kita, entah itu dengan mengejek atau yang lainnya, katakan saja dengan suara yang pelan, “Aku sedang berpuasa”. Jangan malah membalasnya.
  • Orang yang puasa bau mulutnya lebih wangi dari minyak kasturi.
  • Ketika orang yang berpuasa itu bertemu dengan Allah, Ia akan bangga dengan ibadah puasa yang dilakukannya.

Satu malam beribadah pada malam Lailatul Qodar, lebih baik daripada beribadah selama 83 tahun / 1000 bulan.

3.  PERSIAPAN MENJELANG BULAN ROMADHON

  • Keimanan.
Karena dengan keimanan kita bisa mengoptimalkan ibadah. Cara yang paling efektif menambah keimanan adalah dengan menuntut ilmu. Orang yang meninggalkan majelis ilmu maka imannya akan berkurang.

  • Taubat.
Taubatnya yang sesungguhnya. Taubatan Nasuha.... Syarat-syarat taubat ada 4, yaitu:
* Segera meninggalkan perbuatan dosa.
* Bertekad agar tidak melakukan perbuatan itu lagi.
* Menyesali perbuatan dosa yang telah dilakukan.
* Meminta maaf kepada orang yang telah di zholimi.

  • Berdamai. 


4.  HUKUM PUASA


Menurut bahasa Puasa (Ash-Shiyam) artinya menahan diri. Menurut Istilah, Puasa adalah menahan diri dari hawa nafsu dari terbit fajar sampai terbenam matahari. Puasa Romadhon hukumnya wajib.
  • Syarat wajib puasa
* Islam
* Baligh
* Berakal
* Mampu menunaikannya

Anak kecil belum wajib puasa. Tapi, anak kecil harus dilatih terus agar nantinya ketika sudah besar dan wajib berpuasa dia sudah terbiasa berpuasa.

Orang kafir tidak wajib puasa. Tapi.... nantinya dia bakal di siksa di neraka.

  • Rukun Puasa
* Niat.
Niat puasa wajib harus sebelum fajar. Jika berpuasa tapi niatnya setelah sholat Shubuh, maka puasanya tidak sah. Tapi kalau puasa sunnah, niatnya bisa sesudah Shubuh. Niat itu adanya di dalam hati. Niat tidak perlu diucapkan dan tidak ada niat-niat khusus untuk berpuasa.
  • Hal-hal yang membatalkan puasa
* Muntah disengaja
* Makan disengaja
* Minum disengaja
* Keluar mani disengaja

Orang yang mengkaji Al-Qur'an serta mentadaburinya tapi tidak tamat dalam bulan Romadhon lebih afdhol daripada orang yang khatam Al-Qur'an berkali-kali dalam bulan Romadhon tapi tidak pernah mengkajinya.

Jazakumullah khoiron atas perhatiannya. Jangan cuma di baca dong. temen-temen harus ninggalin jejak. Di follow blognya terus komentar apa aja dibawah postingan ini. kalau temen-temen punya pertanyaan atau ada yang mau memperbaiki kesalahan di postingan ini, komentar aja di bawah. kritik dan saran temen-temen sangat berguna untuk ana…. :) 
^^
Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.. 



0 komentar:

Posting Komentar